Blogroll


ShoutMix chat widget

21 Agu 2009

OSPEK MABA FIB UB 2009

OSPEKKK lagiiiii………..

Tanggal 18-22 agustus 2009 aku ada OSPEK di kampusku. Aku mau belajar lagi di Sastra Jepang Universitas Brawijaya. Sebelum masuk kuliah aku harus mengikuti OSPEK yaitu kegiatan pengenalan kegiatan kampus. Kegiatan di mulai jam 06.00 hingga 17.00 BBWI. Kegiatan yang diikuti hampir 600 maba ini berlangsung di parkiran samping perpustakaan umum Universitas.

Kegiatan diawali dengan upacara pembukaan pada 18 agustus 2009 oleh Bapak Rektor yaitu bapak Yogi. Kemudian dilanjutkan di masing2 Fakultas. Dan saya termasuk di Fakultas Ilmu Budaya Jurusan Bahasa Jepang. Sebenarnya saya sudah pernah mengikuti kegiatan seperti ini sebelumnya, tapi karena ini kewajiban sebagai maba, jadi saya harus mengikuti dan mematuhi peraturan2 yang di buat.

Kegiatan di mulai dengan bentakan-bentakan untuk “mendisiplinkan” para maba dan untuk membiasakan dengan pressing. Kemudian di lakukan jalan pagi dengan meneriakkan yel-yel FIB. Semua mahasiswa harus berteriak-berteriak dengan lantang sambil jalan pagi keliling kampus untuk unjuk gigi di hadapan fakultas lain. Ini untuk menunjukkan eksistensi dan kondisi FIB tahun2009. “KITA SATU ILMU BUDAYA, CERDAS , TANGGUH DAN BERBUDAYA… KITA SATU ILMU BUDAYA CERDAS TANGGUH DAN BERBUDAYA….” Demikian barisan panjang menyerupai ular itu berkoar-koar. Lalu kita briefing untuk pengecekan tugas-tugas yang di berikan kakak-kakak panitia.”Siapa tidak bawa maju sii cepattt…!!!” wuih ganas banget pikirku… tapi aku tetap santai.

Sesaat setelah itu para calon pemimpin bangsa digiring menuju ruangan sidang FIB dan ruang2-4 dan 2-5 untuk mendengarkan materi dari A sampai Z. Ini kegiatan yang sangat tidak saya sukai materi dengan macam-macam bentuknya namun tidak menarik untuk di simak. Terpaksa saya dengarkan walau sambil ngantuk2. Materi dari pengenalan jurusan, masing-masing dari sastra Jepang, Sastra Inggris dan Sastra Perancis. Dan dilanjutkan presentasi dari mahasiswa berprestasi UB. Tapi itu semua kurang bermanfaat buat saya. Tepat jam 11.30 maba muslim sholat duhur, dan saya karen aberagama nasrani kumul2 bersama mahasiswa-mahasiswa yang beragama katolik. Kita berkumpul untuk menyegarkan jiwa yang telah penat berjam-jam mendengarkan ocehan-ocehan para pemateri. Makan lagi makan lagi kumpul-kumpul usai dilanjutkan makan siang wehhh ternyata saya sangat kecewa “wehh…. Segone mung sithik e…”. ahhh materi lagi materi lagi. Aku sempat berpikir apa panitia tidak berpikir bahwa kita kana bosan jika mendengarkan materi tanpa diselingi dengan game atau yang lain untuk membangunkan semangat.

Jam menunjukkan pukul 4 sore, diisi kegiatan family interaksi, tapi menurut saya ini tidak begitu berpengaruh. Dan cenderung kurang bermanfaat. Dan kita akhirnya selesai pulaaangggg… SAYOUNARA.


Malam itu juga aku ahrus mencari berbagai perlengkapan yang diperlukan untuk esok hari dari susu sampai susi eh nasiii.



21 Agsutus 2009.

Masuk jam 06.00 WIB. Wiuhhh aku bangun e aja we jam berapa pikirku dalam hatiiii… sudah jam setengah enam aku harus naik angkottt lagi. Terlambat deh sammpai kampus. Bulsyet aku terlambat dan konsekuensi aku di hukum. Aku sih nyantai aja g ngaruh aku di hukum atau tidak kalau toh aku di hukum juga g ngaruh,,,, gue malah seneng. Iseng-iseng sambil ngeceng neee. Hahahaa asyikk aku di suruh ivan untuk mimpin senam. Busyet…yang maba tak ajak senam pasti g bisa lah wong banyak yang pakai rokk hahaha. After it..aku kumpul lagi ma temen-temen kelompokku untuk pengecekan tugas hari ini sipppp lengkap g da yang kurang hanya saja aku g bawa nametag. Setelah itu duduk2 pengecekan tugas dan makan pagiii…. . Ehhh ternyata panitia kurang ajar enak2 makan ada maba FAK. HUKUM lewat mau ngajakin yel-yel yaaaahhh “di tunda dulu makannya dik…” yel-yel FIB di adu dengan FAK. HUKUM hahahaha ngajakin yel-yel kok di kandang singa pasti lah pemenangnya yang punya kandang.. … Aku merasa sedikit bangga dengan semangat ku dan semangat temen2. Saking semangatnya yel-yel swaraku sampai hampir almarhum. “diiikkk dilanjutin lagi makannya ya!” makan lagi bagi yang belum selesai dan kemudian… masuk ruangan lagi dehhh prresentasiiii presentasiii. Semua maba harus mempresentasikan tenting tema2 yang sudah disiapkan panitia. Presenatsi bergiliran 5 menit hingga selesai. Presentasi selesai 11.15. akhirnya sie acara mengumumkan untuk istirahat. Wuiiihhh senangnya…. Aku. Tapi bagi yang muslim tetap harus menunaikan kewajiban untuk ibadat.

Jam 13.00 saatnya makan siang dan dilanjutkan materi motivator dari Dr. Arif dari FK. Tapi sebelumnya aku sedikit mendapatkan pengarahan dari dosen karena aku mahasiswa SAP. Jadi pengarahan dulu deh sambil makan. And then….aku naik lagi ke ruang sidang untuk mengikuti sesi motivator.

Inilah yang dinamakan materi. Untuk materi kali ini aku menilai cukup bagus dan inilah materi yang sesungguhnya dan yang seharusnya diberikan setiap hari. Dokter arif meneangkan banyak hal untuk membangkitkan motivasi agar kita optimis dan jangan minder walaupun kita orang desa dan orang miskin. Dokter memberikan sebagai contohnya Thukul Arwana dengan wajah yang hancur kenapa dia bisa sukses? Itu karena optimiz dan percaya diri yang tinggi. Kita harus banyak mencapai kesuksesan. Dan beliau juga berpesan orang sukses itu orang yang hisa mewujudkan impiannya dan orang yang bahagia adalah orang yang mensyukuri apa yang telah didapat…. Ini baru presentasi.

Presentasi dengan film-film memang cukup menarik. Sehingga tidak ngantuk dan semangat apalagi pemateri memberikan award untuk relawan-relawan. Kegiatan selanjutnya pengenalan para staf pengajar dan penutupan acara PK2Maba. Acara di selenggarakan di lapangan depan FIB dan di tutup oleh Ibu Dekan dengan pemotongan pita. Selanjutnya permintaan maaf dari panitia dan pengenalan para panitia lapangan. Sip sip.. aku bisa beraksi niii. Buat ulah ahhh… setelah selesai bersalam-salaman aku menyiram panitia dengan air aqua. Hahahahahahaha puassss aku bisa bashin kamu-kamu…. Semua. Aku menyulut sedikit api danternyata api berkobar ehhhh panitia jadi basah semua padahal g ujan sama sekali lho kok bisa ya ?

Aku rikardus prima mega bhakti mahasiswa S1 Sastra Jepang sekarang!!!!!! AYOOO BELAJAR BIAR DAPAT IP 3, 9 SORE DE GANBATTE KUDASAI MINNA SAMA.


0 comments:

Posting Komentar

K O M E N T A R