Blogroll


ShoutMix chat widget

16 Sep 2009

INDAHNYA PANTAI NGLIYEP

Panorama Tersembunyi diPinggiran Selatan Malang.
Jangan kuatir jika anda berasal dari pinggiran kota Malang. Pinggiran malang sebelah selatan mempunyai banyak pemandangan alam yang patut untuk diabadikan dalam gambar. Hal-hal yang masih alami belum banyak disentuh manusia cukup menarik untuk dikunjungi. Diantaranya Pantai Ngliyep, Pantai Jolosutro, Pantai Kondang Merak, Pantai Balaikambang, Bajulmati, Pantai Tamban, Pantai Sendang Biru dengan pulau Sempunya. Semuanya mempunyai daya tarik wisata yang luar biasa.


1. Pantai Ngliyep.
Terletak di Desa Kedungsalam, Donomulyo. 75 Km di Selatan Kota Malang. Cukup ditempuh 2 jam dengan roda dua dan 2,5 jam dengan roda empat. Dari kota Malang dapat ditempuh dari 2 akses melalui Karangkates dan Sengguruh. Jika lewat Karangkates bisa sekaligus melihat keindahan bukit Kapur (pegunungan kendeng). Memang jalan cukup sempit dan curam. Tapi semua akan itu terbayar ketika kita telah melewatinya dan bisa melihat indahnya kota Malang, bendungan Karangkates dari sini.
Jika lewat jalur Sengguruh-Sumbermanjing kita juga melewati pegunungan kapur. Tapi disini tak bisa melihat sajian kota Malang, atau bendungan Karangkates dari atas bukit. Lewat jalur ini kita akan menjumpai penambang batu kapur dan tobongan (tempat untuk membakar batu kapur yang dijadikan gamping). Akses jalan harus diperhatikan karena jalur ini jalan bergelombang dan rusak karena terkena ceceran gamping yang akan dibawa kekota.
Dari perjalanan untuk menuju kesana kita sudah bisa melihat kealamian pegunungan Kendeng. Baik dari karangkates Maupun dari Sengguruh memang kita melewati pegunungan Kendeng hanya saja kita melewati sisi yang berbalikan.
Pantai ini menyimpan seribu misteri dan mempunyai ombak yang cukup ganas mencapai 2-3 meter. Mempunyai cerita-cerita mitos yang turun-temurun dari nenek moyang.
Dengan membayar Rp 8000, kita bisa menikmati pemandangan ini sambil bersantai dengan keluarga. Tak usah bingung di sini ada penginapan, ada warung makan sederhana yang menyediakan makanan khas daerah ini.
Pantai Ngliyep dengan Pasir Panjang, Teluk Putri, Gunung Kombang menyimpan seribu raut kebesaran Tuhan. Hamparan pasir di Pasir Panjang, disini kita bisa bermain-main dengan debur ombak. Di Gunung Kombang kita bisa melihat ganaasnya ombak pantai selatan. Kita bisa mencapai Gunung Kombang dengan menapaki jembatan yang menghubungkan kita dari pantai hingga tengah laut. Perlu diketahui Gunung Kombang ini berada di tengah laut kira-kira 200 meter dari tepi pantai. Menurut cerita disini adalah tempat bersemayan sang penghuni laut selatan yaitu Nyai Roro Kidul. Yang hingga kini tetap menjadi cerita legenda dari tanah jawa.

0 comments:

Posting Komentar

K O M E N T A R