Blogroll


ShoutMix chat widget

11 Sep 2011

SEORANG ROMO ADALAH ?

Romo/pastor adalah orang yang biasanya memberikan pelayanan kebaktian untuk orang nasrani. Ada berbagai macam ordo/komunitas yang menggembleng calon romo.  Romo selalu di ajari hidup andhap asor, sederhana, penuh pengabdian dan yang pasti harus menjomblo seumur hidup. Ada romo yang bertugas / mengabdi di dunia kesehatan, pendidikan, dan gereja.

Namun akhir-akhir ini saya trenyuh mendengar cerita bahwa ada kelakuan romo yang tidak sepantasnya dilakukan seorang romo. Bahwa romo diajarkan untuk hidup sederhana dan menerima apa adanya tanpa neko-neko. Tapi ada kelakuan seorang romo yang hidup dalam kemewahan dan duniawi, apakah ini efek perkembangan jaman atau apa saya juga tidak bisa menilai baik buruknya. Karena siapa sih yang membuat patokan baik dan buruk ? ada yang menurut saya baik namun menurut orang lain tidak baik begitu kan.

Ada seorang romo yang berkecimpung di dunia pendidikan menjadi pimpinan disuatu sekolah terkenal, namun   romo tersebut memiliki Blackberry, laptop, mobil, dan beberapa fasilitas duniawi lainnya. Kalau memiliki BB hanya 1 mungkin wajar bagaimana jika romo memiliki 3-5 BB, dan memiliki 5 laptop, selalu membeli laptop terbaru ...Apakah pantas jika kemudian romo tersebut berkotbah dan mengajarkan tentang kesederhanaan ? Atau kah makna sederhana juga tidak sama untuk setiap  pribadi ?. Dan jika romo memiliki mobil dengan standrt mungkin itu wajar untuk fasilitas /inventaris namun jika seorang romo memiliki mobil dengan audio seharga 1 sepeda motor CBR ?

Saya tidak bermaksud menjelek2kan reputasi romo, namun jika ada satu orang yang telah berbuat dan mencoreng semua ?. seperti kata pepatah Nila setitik rusak susu sebelahnya, eh sebelanga.

Kenapa tidak ada tindakan tegas dari atasan romo tersebut, apakah memang tidak tahu atau pura-pura tidak tahu karena telah menerima sogokan ? ahahaha negeri in kan negeri yang punya genter banyak, swehingga bisa sesukanya sogok menyogok. Bukankah seorang romo sekolah s2, sekolah dan belajar banyak hal ? seharusnya menjadi lebih bijaksana ...


2 comments:

Halo Teman. Aku Pak Ot (yang mengajakmu makan biji mahoni tuh). Aku tertarik membaca tulisan ini. Dulu sekali aku pernah nulis naskah drama tentang Pastor. Mau?

iya pak Ot saya selalu ingat pak Ot )). . . .Nomor telponnya pak Ot hilang. Saya minta nomor HPnya pak...

Posting Komentar

K O M E N T A R